Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Pengasaman Laut : Kembaran Jahat Pemanasan Global  

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Pengasaman laut mengancam seluruh rantai makanan laut.

argumen skeptis...

Pengasaman laut tidak serius 
'Emisi berbahaya kami dengan jumlah karbon dioksida yang ringan tidak mungkin mengasamkan lautan. Kajian setelah kajian setelah mengkaji dalam literatur peer-review membuatnya cukup jelas. Idso mengutip sekitar 150 sumber ilmiah, hampir semua dari mereka memberikan bukti nyata, dengan pengukuran dan percobaan, bahwa tidak ada dasar untuk membayangkan bahwa kita dapat mengasamkan lautan ke sebagian yang  cukup besar untuk diukur bahkan oleh instrumen yang paling sensitif. " Christopher Monckton )

Tidak semua CO2 yang dihasilkan oleh kegiatan industri manusia tetap berada di atmosfer. Antara 25% dan 50% dari emisi tersebut selama masa industri telah diserap oleh lautan di seluruh dunia, mencegah penumpukan CO2 yang semakin buruk di atmosfer. 

Tapi manfaat atmosfer ini datang pada nilai yang cukup. 

Sebagaimana perairan laut menyerap CO2 mereka menjadi lebih asam. Ini tidak berarti lautan akan menjadi asam. Kehidupan laut bisa sensitif terhadap perubahan kecil dalam tingkat pH, dan setiap penurunan pH adalah peningkatan keasaman, bahkan dalam situasi alkaline. 

Keasaman permukaan air secara global telah meningkat sebesar 30% hanya dalam 200 tahun terakhir. Laju pengasaman diproyeksikan sampai akhir abad ini hingga percepatan yang lebih jauh  yang berpotensi dampak bencana pada  ekosistem laut.

Didukung oleh tujuh puluh akademi sains dari seluruh dunia, sebuah pernyataan Juni 2009 dari Panel InterAcademy Isu Internasional (IAP) menyatakan sebagai berikut. 

"Laju perubahan saat ini jauh lebih cepat daripada peristiwa-peristiwa selama 65 juta tahun terakhir. Perubahan ini dalam kimia laut adalah ireversibel selama ribuan tahun, dan konsekuensi biologisnya dapat bertahan lebih lama lagi." 
- The InterAcademy Panel, 1 Juni 2009

Sebagaimana permukaan air menjadi lebih asam, menjadi lebih sulit bagi kehidupan laut seperti karang dan kerang untuk membentuk cangkang yang keras yang diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka, dan terumbu karang menyediakan rumah bagi lebih dari 25% dari semua spesies laut. Makhluk kecil yang disebut pteropods yang terletak di dasar rantai-rantai makanan laut  juga dapat berdampak serius. Degradasi spesies ini di dasar ekosistem laut dapat menyebabkan runtuhnya lingkungan ini dengan implikasi menghancurkan jutaan orang di populasi manusia yang bergantung pada mereka.

IAP juga menyatakan bahwa, jika CO2 di atmosfer mencapai 550 bagian per sejuta (ppm) di sepanjang kenaikan yang cepat saat ini dari tingkat pra-industri sebesar 280 ppm, terumbu karang di seluruh dunia bisa hancur.

Oceanic species threatened by acidification

 

 

Translation by herendraswari, . View original English version.



The Consensus Project Website

THE ESCALATOR

(free to republish)


© Copyright 2020 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Privacy | Contact Us